PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS CODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21 DI PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK

Penulis

  • Ina Meiliyanthi Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Purnamawati Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Syahrul Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.582

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan sebuah model pembelajaran kolaboratif yang memadukan aktivitas coding dan pemanfaatan kecerdasan artifisial (AI) pada lingkungan pendidikan vokasi teknik sebagai upaya memperkuat kompetensi abad 21. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan lima tahap utama, yaitu analisis kebutuhan, perancangan model, validasi oleh para ahli, uji coba terbatas di kelas, serta evaluasi efektivitas. Data penelitian diperoleh melalui survei, wawancara, observasi aktivitas belajar, dan pengukuran kompetensi peserta didik. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dirancang mampu meningkatkan berbagai kompetensi kunci, seperti literasi digital, kreativitas dalam penyelesaian masalah, kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, serta kolaborasi tim. Pengintegrasian coding dan AI terbukti membantu siswa membangun pemahaman teknis yang lebih mendalam, termasuk pemrograman dasar, analisis logika, pengolahan data, dan penggunaan sistem cerdas untuk mendukung penyelesaian tugas berbasis proyek. Temuan pada tahap analisis kebutuhan mengungkapkan adanya kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki siswa dengan kompetensi yang dituntut oleh industri berbasis teknologi. Hal ini memperkuat urgensi merancang pendekatan pembelajaran yang mampu menggabungkan keahlian komputasional dengan kemampuan kolaboratif. Proses validasi oleh ahli memberikan masukan terkait kelayakan struktur model, perangkat asesmen, dan kesesuaian integrasi teknologi AI bagi konteks vokasi. Hasil implementasi terbatas memperlihatkan peningkatan performa siswa dalam merancang solusi teknis berbasis coding serta dalam mengoperasikan fitur AI seperti automasi, klasifikasi data, dan rekomendasi cerdas. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa model ini tidak hanya efektif dalam mengembangkan kemampuan teknis, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang aktif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja modern. Integrasi model pembelajaran ini dipandang sebagai langkah strategis dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Model yang dihasilkan direkomendasikan untuk diterapkan pada skala yang lebih luas, sekaligus dikembangkan lebih lanjut dalam kurikulum vokasi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi industri masa depan. Penelitian ini memberikan kontribusi nyata bagi institusi vokasi dalam merancang pendekatan pembelajaran inovatif berbasis teknologi digital.

 

Referensi

Aisyah, R., & Pratama, D. (2023). Collaborative coding-based learning model to enhance students’ problem-solving skills in vocational education. Journal of Technical and Vocational Innovation, 7(2), 115–128.

Alfianto, B., & Nugroho, S. (2024). Integrating artificial intelligence into classroom pedagogy: Implications for 21st-century skills. International Journal of Digital Education, 5(1), 44–59.

Alwan, M., & Salim, F. (2022). The effectiveness of AI-supported learning environments in improving computational thinking. Journal of Educational Technology Research, 14(3), 201–214.

Andriani, T. (2021). Kolaborasi pembelajaran berbasis proyek dan literasi digital pada pendidikan vokasi teknik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 33–47.

Dewi, S. A., & Mulyana, E. (2022). Pengembangan model pembelajaran coding untuk meningkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(2), 150–162.

Cahyono Dewi, S. A., & Mulyana, E. (2022). Pengembangan model pembelajaran coding untuk meningkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(2), 150–162.

Firmansyah, Y., & Taufik, A. (2021). Kecerdasan artifisial dalam pendidikan teknik: Tren, tantangan, dan prospek. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(2), 89–101.

Ismail, M., & Harun, R. (2024). Technology-enhanced collaborative learning to support computational thinking in secondary schools. International Journal of STEM Pedagogy, 3(1), 22–38.

Lestari, N., & Wijaya, H. (2023). Digital pedagogy competence of vocational teachers in the era of AI-driven education. Journal of Vocational Education Research, 6(3), 121–138.

Mahfud, A. (2022). Model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan abad 21 di SMK. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(4), 245–256.

Prasetyo, B., & Rohman, A. (2024). Artificial intelligence adoption in STEM learning: A systematic review. Journal of Educational Research and Innovation, 5(2), 58–74.

Putri, Y., & Hidayat, T. (2020). Pengaruh pembelajaran pemrograman kolaboratif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 211–223.

Ramadhan, R., & Kurniawan, P. (2023). Pengembangan platform pembelajaran vokasi berbasis AI untuk meningkatkan employability skills. Jurnal Vokasi dan Teknologi, 11(1), 55–70.

Susanti, E. (2021). Integrasi literasi komputasional dalam pembelajaran abad 21 di sekolah kejuruan. Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 99–112.

Wibowo, S., & Setiawan, F. (2024). Hybrid pedagogy through AI-assisted coding projects for vocational students. Journal of Applied Digital Learning, 4(1), 73–86.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Meiliyanthi, I., Purnamawati, & Syahrul. (2025). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS CODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21 DI PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK. Jurnal Riset Guru Indonesia, 4(3), 139–146. https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.582