ANALISIS PERBEDAAN IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) TERHADAP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.583Kata Kunci:
MBKM, Pendidikan Vokasi, Keterampilan Abad 21, Revolusi Industri 4.0Abstrak
Perubahan signifikan dalam dunia kerja dan pesatnya kemajuan teknologi menuntut lulusan pendidikan vokasi menguasai keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) hadir sebagai inovasi transformative yang dijalankan di seluruh perguruan tinggi vokasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif perbedaan implementasi MBKM pada pengembangan keterampilan abad 21 di tiga rumpun keilmuan vokasi yang strategis: teknologi, kesehatan, dan ekonomi. Metode kajian berupa systematic literature review terhadap 30 jurnal dan dokumen akademik terbaru guna meninjau dinamika, strategi, tantangan, dan capaian khas setiap bidang. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan mendasar dalam pelaksanaan MBKM pada tiap program studi vokasi berdasarkan karakteristik kurikulum, kemitraan industri, serta respon institusi terhadap kebutuhan khas era revolusi industri 4.0. Rekomendasi kontekstual diajukan untuk mengoptimalkan akselerasi kompetensi abad 21 pada pendidikan vokasi di Indonesia.
Referensi
Apriliani, A., Nursyahrani, A., Harefa, B. S., Febiantina, E. A., & Nurjanah, S. R. (2024). Implementasi kebijakan program Kampus Mengajar (MBKM). Karimah Tauhid, 3(2), 2401–2411.
Christinawati, S. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Studi di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Jurnal Pendidikan Ilmiah (PIPSI), 9(2).
Dimar, N. L., Pitoyo, A., Sujarwoko, S., Rahmayantis, M. D., Waryanti, E., Sasongko, S. D., … Putri, F. A. (2024). Building skills in the digital age through Merdeka Belajar curriculum development training. Dimar: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–17.
Dimmera, B. G., Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2022). Persepsi, kebutuhan dan tantangan implementasi kebijakan ‘Merdeka Belajar, Kampus Merdeka’ pada perguruan tinggi swasta di wilayah perbatasan. Sebatik, 26(2), 768–773.
Hafid, I. K. A., Kasmira, R., Redianto, R., & Purnamawati, P. (2024). Peningkatan kompetensi kejuruan melalui integrasi kurikulum industri di pendidikan vokasi: Tinjauan literatur. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 4(2), 10404.
Halimah, S. (2024). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 33–37.
Iskandar, A. G. (2022). Optimalisasi link and match melalui revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 3829.
Kardiyem, M., Arsyad, M., & Mukoyimah, S. (2023). Merdeka Belajar and Kampus Merdeka: A study of Western and Eastern educational philosophy and their reality. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2).
Mongkau, J. G., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat keterampilan abad 21 untuk generasi emas. Journal on Education, 6(4), 22018–22030.
Nizar, N., Pratama, R. T., & Mustafiyanti, M. (2023). Implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 53–64.
Priatmoko, S., & Dzakiyyah, N. I. (2023). Relevansi Kampus Merdeka terhadap kompetensi guru era 4.0 dalam perspektif Experiential Learning Theory. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 120.
Rony, Z. T., Widodo, A., Lestari, T. S., Saimima, I. D., Ismaniah, I., & Mursito, K. (2024). Building excellent human resources through Merdeka Belajar Kampus Merdeka in Era 5.0. International Journal of Social Science and Business, 8(3), 379–395.
Sulistiyani, E., Khamida, K., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., Putra, R. S., Budiarti, R. P., & Andini, A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Kesehatan dan Non-Kesehatan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 686–698.
Wahida, S., Sitompul, A., Tobing, M., & Fauziah, A. (2024). Linktree-based digital media development to improve learning on the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) curriculum in cosmetology education. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14(2), 163–179.
Wijayanto, B. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal PIPSI, STKIP Singkawang.
