EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.585Kata Kunci:
Blended Learning, Pembelajaran Daring, Kompetensi Abad 21, Literasi Digital, Efektivitas PembelajaranAbstrak
Efektivitas penerapan pembelajaran daring dan model blended learning dalam meningkatkan kompetensi siswa abad 21, mencakup keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, serta literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menelaah hasil-hasil penelitian nasional terbitan lima tahun terakhir. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi temuan-temuan empiris terkait efektivitas masing-masing model pembelajaran serta faktor yang memengaruhi keberhasilannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring mampu meningkatkan kemandirian belajar, literasi digital, dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui fleksibilitas waktu belajar dan akses yang luas terhadap sumber belajar digital. Namun, kendala seperti keterbatasan jaringan internet, kesiapan teknologi, dan rendahnya kemampuan digital siswa masih menjadi faktor penghambat. Sementara itu, model blended learning terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan motivasi belajar, karena memadukan interaksi tatap muka dengan keunggulan pembelajaran berbasis teknologi. Integrasi kedua model ini memberikan dampak paling optimal, karena mampu mengatasi kelemahan masing-masing pendekatan sekaligus mendukung pengembangan kompetensi abad 21 secara lebih menyeluruh.
Referensi
M. Kreativitas, “Strategi Pengembangan Pembelajaran Abad Ke-21 :,” JIIP (Jurnal Ilm. Ilmu Pendidikan), vol. 8, pp. 109–116, 2025.
B. A. K. Mantau and S. R. Talango, “PENGINTEGRASIAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PROSES PEMBELAJARAN (LITERATURE REVIEW),” J. Pendidik. Islam, vol. 19, no. 1, 2023.
J. Annisatul, M. Afrizal, and H. Dedy, “Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Sma Negeri Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika,” J. Kumparan Fis., vol. 4, no. 2, pp. 93–102., 2021.
I. K. Suartama, “Blended Learning and its Impact on 21st Century Student Learning : Blended Learning dan Dampaknya terhadap Pembelajaran Siswa Abad 21,” Indones. J. Innov. Stud., vol. 26, no. 3, pp. 1–19, 2025, doi: 10.21070/ijins.v26i3.1449.
S. Zuhri, I. G. Suwindia, and I. M. A. Winangun, “Literasi digital dan kecakapan abad ke-21 : analisis komprehensif dari literatur terkini,” Educ. Soc. Sci. Rev., vol. 5, no. 2, pp. 149–155, 2024.
F. Sari, “Implementasi Model Blended Learning dan Pengaruhnya terhadap Efektivitas Pembelajaran serta Keterampilan Abad 21 Mahasiswa STAI Al-Azhary Mamuju Sulawesi barat,” J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Kebud., vol. 3, no. 1, 2025.
A. Ramadhan and Suhartanta, “Implementasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 2 Wonosari.,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, 2022.
M. Ilham, “Efektivitas Blended Learning pada Pembelajaran (kajian implementasi),” J. IDe Guru (Dinas Pendidik. DIY), 2024.
S. Sutarto, D. P. Sari, and I. Fathurrochman, “Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic,” J. Konseling dan Pendidik., vol. 8, no. 3, p. 129, 2020, doi: 10.29210/147800.
W. Ali, “Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic,” High. Educ. Stud., vol. 10, no. 3, p. 16, 2020, doi: 10.5539/hes.v10n3p16.
C. Nasirin, “The Impact of Nurses Workload, Humanities and Health Policy: Exploratory Analysis of the Patient Experience Satisfaction,” Proc. 2nd Annu. Conf. Educ. Soc. Sci. (ACCESS 2020), vol. 556, no. Access 2020, pp. 9–13, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210525.036.
I. Kurniawati and A. Nisa, “Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis,” UPEJ UNNES, 2020.
M. Zulkifli and U. Hasanah, “Blended Learning dan Penguatan Literasi Digital Siswa,” Al-Biruni J. Pendidik. Sains, 2023.
D. Ayu, P., Pratiwi and K. Adnyani, “Tantangan Guru dalam Implementasi Blended Learning.,” J. PGSD UNS, 2021.
V. E. Montessori, T. Murwaningsih, and T. Susilowati, “Implementasi keterampilan abad 21 (6c) dalam pembelajaran daring pada mata kuliah Simulasi Bisnis,” JIKAP (Jurnal Inf. dan Komun. Adm. Perkantoran), vol. 7, no. 1, p. 65, 2023, doi: 10.20961/jikap.v7i1.61415.
C. H. Lestari and S. Sufyadi, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Blended Learning : Tantangan dan Solusi di Perguruan Tinggi,” vol. 06, no. 02, pp. 73–78, 2025.
M. Nurhaliza and D. Saputra, “Kompetensi Guru dalam Mengintegrasikan Pembelajaran Daring dan Blended Learning pada Pembelajaran Abad 21,” J. Ilmu Pendidik. dan Pembelajaran, 2025.
