KEPEMIMPINAN KOLABORATIF DALAM PENGUATAN LINK AND MATCH PENDIDIKAN MARITIM DAN INDUSTRI PELAYARAN: SEBUAH LITERATUR REVIU

Penulis

  • Ratno Universita Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Irwan Syarif Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Riana T Mangesa Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.589

Kata Kunci:

Link And Match, Pendidikan Maritim, Industri Pelayaran, Pendidikan Vokasi

Abstrak

Kesenjangan antara kompetensi lulusan pendidikan maritim dan kebutuhan aktual industri pelayaran tetap menjadi tantangan strategis dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor maritim. Pendekatan link and match dianggap sebagai upaya krusial untuk menyelaraskan pendidikan dengan tuntutan industri, namun implementasinya yang efektif sangat bergantung pada pola kepemimpinan lembaga pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif peran kepemimpinan kolaboratif dalam menguatkan hubungan dan keselarasan antara pendidikan maritim dan industri pelayaran. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan menganalisis artikel jurnal, buku akademik, dan laporan kebijakan yang diterbitkan antara tahun 2019 dan 2024. Data diperoleh dari basis data ilmiah terkemuka dan publikasi dari organisasi internasional yang berkaitan dengan pendidikan vokasi dan maritim. Hasil studi menunjukkan bahwa kepemimpinan kolaboratif memainkan peran signifikan dalam membangun kemitraan strategis, menyelaraskan kurikulum dengan kompetensi industri, dan meningkatkan kualitas pembelajaran praktis serta kesiapan kerja lulusan. Di sisi lain, implementasi kepemimpinan kolaboratif juga menghadapi tantangan seperti perbedaan budaya organisasi, sumber daya yang terbatas, dan kapasitas kepemimpinan. Temuan ini menekankan bahwa memperkuat kepemimpinan kolaboratif merupakan prasyarat krusial untuk membangun ekosistem pendidikan maritim yang adaptif, berkelanjutan, dan selaras dengan kebutuhan industri pelayaran nasional dan global

Referensi

Bal, E., Arslan, O., & Turan, O. (2020). Soft skills requirements in maritime education and training Maritime Policy & Management, 47(6), 723–740 https://doi.org/10.1080/03088839.2020.1722654

Bolden, R., Petrov, G., & Gosling, J. (2019). Distributed leadership in higher education. Studies in Higher Education, 44(11), 2094–2107. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1435734

Bush, T. (2020). Educational leadership and management: Theory, policy, and practice. Educational Management Administration & Leadership, 48(3), 401–415.

Chen, Y., Liu, B., & Lin, W. (2021). Collaborative leadership and organizational performance in vocational education. Leadership & Organization Development Journal, 42(5), 703–718.

Hidayat, R., Santoso, B., & Kurniawan, D. (2023). Strengthening industry partnership in maritime higher education. Journal of Technical Education and Training, 15(2), 45–57.

ILO. (2021). Skills for a resilient maritime labour market. International Labour Organization.

IMO. (2021). Quality standards in maritime education and training. International Maritime Organization.

Kim, W. C., & Mauborgne, R. (2020). Fair process leadership. MIT Sloan Management Review, 61(2), 1–9.

Komariah, A., Triatna, C., & Nurhattati, F. (2020). Collaborative school leadership in vocational education. International Journal of Educational Management, 34(6), 1087–1103.

Latchem, C. (2020). Leadership for TVET partnerships. Journal of Vocational Education & Training, 72(2), 183–201.

Liao, Y., Ferrell, G., & Edirisingha, P. (2020). Higher education partnerships with industry. Higher Education Research & Development, 39(2), 365–379.

Mulyadi, S., Prasetyo, A., & Wibowo, U. (2022). Industry-based curriculum development in maritime polytechnics. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(3), 289–301.

Nguyen, T. H., Tran, L. T., & Pham, H. T. (2022). Skill alignment in ASEAN maritime education. Asian Education Studies, 7(4), 66–78.

OECD. (2020). Vocational education and training in the age of digital transition. OECD Publishing.

Priyanto, S., & Wahyuni, E. (2024). Collaborative leadership and employability of maritime graduates. Journal of Vocational Studies, 9(1), 21–35.

Rieckmann, M. (2020). Education for sustainable development competencies. Journal of Cleaner Production, 253, 119–124.

Sari, D. P., Rahman, A., & Fauzan, M. (2022). Industry collaboration in maritime vocational education. International Journal of Instruction, 15(4), 879–896.

Setiawan, H., & Rahardjo, T. (2023). Dual system education in vocational institutions. Cakrawala Pendidikan, 42(1), 98–110.

Sørensen, E., & Torfing, J. (2021). Collaborative governance and innovation. Public Administration Review, 81(2), 230–241.

Sudira, P. (2021). Revitalisasi pendidikan vokasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(2), 123–134.

Trampus, A., & Rek, M. (2019). Skill mismatch in maritime industries. WMU Journal of Maritime Affairs, 18(3), 447–466.

Winardi, J., & Prianto, A. (2021). Leadership roles in strengthening link and match. Journal of Education and Learning, 15(2), 155–163.

World Bank. (2020). Developing skills for the future workforce. World Bank Group.

Yusuf, M., Hadi, S., & Lestari, I. (2024). Leadership and graduate employability in vocational education. Journal of Education and Work, 37(1), 56–71.

Zainal, N., Wahid, A., & Ismail, R. (2021). Teaching factory implementation in maritime education. Journal of Technical Education and Training, 13(3), 112–124.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-10

Cara Mengutip

Ratno, Syarif, I., & Mangesa, R. T. . (2025). KEPEMIMPINAN KOLABORATIF DALAM PENGUATAN LINK AND MATCH PENDIDIKAN MARITIM DAN INDUSTRI PELAYARAN: SEBUAH LITERATUR REVIU. Jurnal Riset Guru Indonesia, 4(3), 160–166. https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.589