PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL TIRUAN SISWA KELAS IV SDN KUWIRAN 02 KABUPATEN MADIUN

Penulis

  • Siti Fatimah SDN Kuwiran 02, Kabupaten Madiun

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.78

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan menentukan sifat-sifat bangun ruang siswa kelas IV SDN Kuwiran 02 yang cenderung takut, pendiam, pasif dan kurang berminat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar yang disebabkan karena siswa kurang konsentrasi, guru kurang memotivasi siswa, alat peraga pembelajaran tidak menarik dan guru mendominasi kelas. Untuk itu perlu adanya upaya mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan alat peraga/model tiruan agar siswa merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kuwiran 02 Kecamatan Kare Kabupaten Madiun yang terdiri dari 9 siswa, yaitu 5 siswa laki – laki dan 4 siswa perempuan. Pada siklus I siswa yang tuntas 44,4 %, pada siklus II siswa yang tuntas 88,9 %. Dengan menggunakan peraga model tiruan, dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada pokok bahasan sifat sifat bangun ruang siswa kelas IV SDN Kuwiran 02. Guru di harapkan selalu mengembangkan alat peraga sehingga siswa merasa tertarik mengikuti pembelajaran, di antaranya alat peraga model tiruan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-08

Cara Mengutip

Fatimah, S. . (2022). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL TIRUAN SISWA KELAS IV SDN KUWIRAN 02 KABUPATEN MADIUN. Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(1), 12–14. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.78