UPAYA PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KANUNG 02 MADIUN

Penulis

  • Santhi Dwi Asriningtyas SDN Kanung 02, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.79

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal.Seperti yang telah diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah sehingga hasil belajar dan keaktifan siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan pada Hasil Belajar pra siklus pada mata pelajaran IPA yang rata-rata kelas yang dicapai belum maksimal yaitu 57,5 yang berarti belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan yaitu 65.Pada siklus I siswa yang tuntas hanya 37,5% dalam proses dan hasil pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan model pembelajaran Cooperative Make A Match pada pelajaran IPA  Tema 6 Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Kanung 02,  Sawahan , Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data menggunakan tes tulis untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui proses belajar  siswa. Dari penelitian yang dilaksanakan diketahui  adanya kenaikan proses dan hasil belajar siswa .Hasil Belajar siswa tuntas mencapai 100%.Sedangkan pada siklus II kenaikan aktivitas siswa mencapai 87,5%.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode cooperative learning  Make A Match pada pelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Kanung 02, Sawahan, Madiun.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-10

Cara Mengutip

Dwi Asriningtyas, S. (2022). UPAYA PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KANUNG 02 MADIUN. Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.79