PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL “ZOO WA ZOO” BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 6 SDN REJOSARI

Penulis

  • Nihen Astari’ah SDN Rejosari, Kabupaten Madiun

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.80

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar operasi hitung bilangan, dibuktikan dengan 65% siswa dengan nilai dibawah KKM. Siswa mengalami kesulitan saat belajat daring karena tidak menerima materi secara langsung. Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar daring melalui model “Zoo Wa Zoo” berbantuan media video pembelajaran. Model “Zoo Wa Zoo” merupakan model pembelajaran yang diadaptasi dari teori Brain Based Learning. Model “Zoo Wa Zoo” terdiri atas tiga tahap yaitu pembukaan dasar melalui Zoom (Zoo), pelaksanaan diskusi melalui WA (Wa), dan publikasi dan perayaan melalui Zoom (Zoo). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus penelitian. Subjeknya peserta didik kelas 6 SDN Rejosari sebanyak 15 siswa. Objeknya adalah peningkatan motivasi dan prestasi belajar daring menggunakan model “Zoo Wa Zoo” berbantuan media video pembelajaran. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar peserta didik pratindakan 65% menjadi 75% pada siklus pertama dan 90% pada siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan model “Zoo WA Zoo” dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-10

Cara Mengutip

Astari’ah, N. . (2022). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL “ZOO WA ZOO” BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 6 SDN REJOSARI . Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.80