MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I SDN BIBRIK 01 MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MUATAN PELAJARAN PKN

Penulis

  • Sri Endang Puryani SDN Bibrik 01

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.82

Abstrak

Pada pelaksanaan pembelajaran PKn kelas I SDN BIBRIK 01, Jiwan, Madiun memperoleh prestasi belajar yang masih rendah sehingga perlu adanya peningkatan.Hal ini membuat guru kurang puas dalam pembelajaran.Untuk itu perlu diadakan penelitian tindakan kelas agar prestasi belajar siswa meningkat dan dapat memuaskan dari berbagai pihak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I semester II SDN BIBRIK 01 Kec. Jiwan Kab.Madiun dengan menggunakan metode media gambar pada muatan pelajaran PKn Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes tulis untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan lembar observasi untuk mengamati proses belajar siswa dalam diskusi kelompok. Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh bahwa prestasi belajar siswa sudah mengalami peningkatan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari Siklus I sampai Siklus II. Pada siklus II tingkat ketuntasan siswa sudah mencapai 100%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran diskusi mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa kelas I SDN BIBRIK 01 yaitu dapat meningkatkan prestasi  belajar siswa.

Biografi Penulis

Sri Endang Puryani, SDN Bibrik 01

 

 

Diterbitkan

2022-03-11

Cara Mengutip

Endang Puryani, S. . (2022). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I SDN BIBRIK 01 MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MUATAN PELAJARAN PKN . Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(1), 30–35. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i1.82