Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A se-Kecamatan Rappocini

Penulis

  • Inayah Wardah Syafiqah Universitas Negeri Makassar
  • Arie Arma Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Ramlawati Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v4i1.408

Kata Kunci:

Analisis, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian survei bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeksripsikan tingkat keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A di Kecamatan Rappocini tahun ajaran 2023/2024 pada indikator keterampilan proses sains pada materi getaran dan gelombang. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A di Kecamatan Rappocini sebanyak 1305 peserta didik, yaitu SMPN 13 Makassar, SMPN 21 Makassar, SMPN 33 Makassar, SMPN 40 Makassar, SMPN Unismuh Makassar, SMP Telkom Makassar. Sampel dipilih dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 325 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal pada materi getaran dan gelombang. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian soal secara langsung di sekolah. Data analisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tingkat keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A di Kecamatan Rappocini berada pada kategori sedang dengan persentase 40,58%.

Referensi

Aldi, S ; Ismail. 2023. Keterampilan Proses Sains Panduan Praktik Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat. Tinggi. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Arsyad, A. A., Sartika, D., & Muhiddin, S. M. A. (2022). Identifikasi Keterampilan Menggunakan Alat Ukur Panjang Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas Sulawesi Barat. Phydagogic : Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 5(1), 28 - 31. https://doi.org/10.31605/phy.v5i1.2157

Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi, W. 2019. Analisis keterampilan proses Sains siswa dalam menyelesaikan soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1).

Hamdani, M., Prayitno, B. A., Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139 - 145.

Kartimi, K., Gloria, R. Y., & Aryani, A. 2013. Penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran biologi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem kelas VII di SMPN 1 TALUN. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(1). Hal 14.

Lubis, M.S., Lumut, M.A. 2021. Belajar Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. Jurnal Literasiologi, 5(2). Hal 96.

Marta, M. H. C., Suganda, O., & Widiantie, R. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Metode Praktikum Berbasis Modified Free Inquiry (MFI) pada Konsep Animalia Di Kelas X MIPA. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10(1). Hal 3.

Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., et al. 2013. Inculcation Of Science Process Skills In A Science Classroom. Asian Social Science, 9, 8(4). Hal 49.

Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary, 4(1).

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12). Hal 103.

Tawil Muh dan Liliasari, 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasi dalam pembelajaran IPA. Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Widodi, B., Darmaji, & Astalini. (2023). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13(1), 1 - 8.

Yuliananingsih., & Rokhimawan, A.M. 2020. Analisis keterampilan proses sains dasar pada buku tematik kelas V tema panas dan perpindahannya. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7: 81-89.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Syafiqah, I. W., Arsyad, A. A., & Ramlawati. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Ter-Akreditasi A se-Kecamatan Rappocini. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.62388/jpdp.v4i1.408