PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII

Authors

  • Dewi Sartika SMPN 15 Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.84

Keywords:

Pengaruh, Tutor Sebaya, Kemampuan Pemahaman Matematis

Abstract

Metode Tutor Sebaya yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap yang tinggi, siswa tersebut mengajarkan materi/latihan kepada teman-temanya yang belum paham. Pemahaman matematis merupakan kemampuan seseorang dalam menyerap dan menyampaikan kembali ide-ide matematika. Pemahaman matematis dapat dipengaruhi oleh cara yang dimiliki seseorang dalam menerima, menyerap, dan menyampaikan kembali informasi yang diterimanya.  Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 15 Bulukumba. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan pretest dan pasttest. Sampel pada penelitian adalah siswa Kelas VIII SMPN 15 Bulukumba sebanyak 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah RPP dan lembar tes yang berupa soal tes uraian yang disusun berdasarkan indicator Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diberikan perlakuan menggunakan Metode Tutor Sebaya dari pada siswa yang tidak diberi perlakuan.Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang belajar matematika menggunakan metode Tutor Sebaya dengan siswa yang belajar dengan menggunakan metode konvensional.

References

Alvyanita, V., & Priatna, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 256-265.

Bety, S., & Rachmaniah, M. H. (2020). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Impulsif. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 9-16.

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101-112.S

Ernawati, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Trigonometri Siswa Kelas X Ma Al Mizan Kalimas Pemalang (Doctoral Dissertation, Iain).

Hafizah, E., Halidjah, S., & Nursyamsiar, T. (2015). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V Sekolah Dasar Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(2).

Musyrifah, C. (2016). Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Dalam Meningkatkan Self Regulation Siswa (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya).

Poerwadarminta. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.Halaman: 849.

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (Jpfa), 6(2), 44-50.

Rostiana, R., & Kartini, L. A. (2019, December). Penggunaan Metode Tutor Teman Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (Lpp) Mandala.

Ruslau, M. F. V., Suryani, D. R., & Mutmainnah, L. Z. F. (2018). Penerapan Pedekatan Saintifik Dengan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas Viia Mts Al-Munawaroh Merauke. Journal Of Honai Math, 1(2), 93-102.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Sartika, D. . (2022). PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.84

Issue

Section

Articles